Sebagai kitab suci terakhir, Al-Qur’an akan selalu relevan dengan segala waktu dan tempat. Kitab suci ini sangat berpengaruh terhadap kehidupan manusia semenjak Al-Qur’an diturunkan, terutama terhadap ilmu pengetahuan, peradaban serta akhlak manusia. Lalu secara garis besar, apa sih fungsi Al-Qur’an bagi manusia?

Simak penjelasannya berikut ini :


1. Sebagai sumber dari segala sumber hukum (Mashdarul hukm)

Setiap muslim harus menjadikan Al-Qur’an sebagai referensi utama dalam menjalani kehidupan ini karena Al-Qur’an adalah aturan hidup sekaligus kompas penuntun.

تَرَكَتُ فِیْكُمْ شَیْئَیْنِ لَنْ تَضِلُّوْا بَعْدَھُمَا كِتَابَ لله وَ سُنَّتِيْ

“Sesungguhnya aku telah meninggalkan bagi kalian dua perkara yang dengan (berpegang pada) keduanya, kalian tidak akan tersesat selamanya: yaitu Kitâbullâh dan Sunnahku.” (HR.al-Hakim dan al-Daruquthni).


2. Sebagai Pedoman hidup (Minhajul Hayah)

Al-Qur’an adalah pedoman hidup. Ajaran-ajaran yang termaktub di dalamnya adalah firman Allah yang mulia. Diturunkan untuk menunjuki manusia sepanjang masa. Oleh karena itu, Al-Qur’an dijaga kemurniannya oleh Allah Swt.

إِنَّا نَحۡنُ نَزَّلۡنَا ٱلذِّكۡرَ وَإِنَّا لَھ لَحَٰفِظُونَ

"Sesungguhnya Kamilah (Allah) yang menurunkan peringatan (Al-Quran) itu dan sesungguhnya Kami pulalah yang akan menjaganya." (Qs. Al-Hijr : 9)

3. Sebagai mukjizat terbesar (Mu’jizatu al-Kubra)

Setiap rasul dikuatkan dengan mukjizat seperti tongkat Nabi Musa yang bisa berubah jadi ular. Tujuan mukjizat tersebut adalah untuk mengalahkan tipu daya penentang dakwah pada waktu itu. Akan tetapi semua mukjizat tersebut telah hilang bersama kewafatan para nabi dan rasul tersebut. Hanya Al-Qur’an saja satu-satunya mukjizat para Nabi yang masih dapat dilihat, disentuh, dibaca dan didengar hingga kini.


4. Sebagai obat (as-Syifa)

Al-Qur`an itu merupakan penyembuh dan rahmat bagi kaum mukminin.

وَنُنَزِّلُ مِنَ ٱلۡقُرۡءَانِ مَا ھُوَ شِفَآء وَرَحۡمَة

"Dan Kami turunkan dari Al-Qur’an suatu yang menjadi penawar dan rahmat .. “ (Al-Isra : 82)


5. Sebagai Pemberi Syafaat (as-Syafaah)

Rasulullah Saw. bersabda:

اقِْرَءُوا الْقُرْآنَ فَإِنَّهُ یَأْتِي یَوْمَ الْقِیَامَةِ شَفِیعًا لِأ صْحَابِهِ

“Bacalah al-Qur`an sebab al-Qur`an akan datang pada hari kiamat sebagai sesuatu yang dapat memberikan syafaat (pertolongan) kepada orang yang membacanya.” (HR. Muslim)

Share:
0
Total Santri
0
Guru Pengajar
0
Cabang
0
Program Belajar
Like us!
Follow us!
Watch us!