Dalam rangka pendirian Pesantren Cendekia Al Gibran yang insya Allah dalam waktu dekat ini berdiri. Kami melakukan kegiatan study banding ketiga Pesantren yang ada disekitar Banten dan Tangerang. Tepatnya di Pesantren Ibnu Syam, Cilegon. Pondok Pesantren La Tansa, Cipanas dan An-Nuqthah Boarding Islamic School yang berada di Tangerang.

Study banding merupakan kegiatan belajar ke suatu tempat atau instansi resmi yang berada di luar intansi itu sendiri. Dengan melaksanakan studi banding, kami dapat mempelajari suatu hal ataupun ilmu yang sama dan berbeda, menggali inspirasi untuk nantinya kami terapkan ke Pesantren Cendekia Al Gibran. Harapannya kami akan mendapatkan banyak insight penting untuk menyusun konsep, system dan wajah dari Pesantren Cendekia Al Gibran.

Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, tepatnya pada hari senin dan selasa tanggal 20-21 Juni 2022 dengan total jumlah peserta 8 orang dari internal Yayasan. 

Detil pesantren tujuan : 

1. Pesantren Ibnu Syam yang beralamat di Jl. Tegal Padang Dalam No.97, Kotabumi, Kec. Purwakarta, Kota Cilegon, Banten 42434

Pesantren Ibnu Syam Syu’bah Tahfizh Al Qur’an berdiri sejak 05 Agustus 2018. Dipimpin oleh KH. Slamet Ibnu Syam, Lc., MA Bersama istrinya Hj. Nabilah Abdul Rahim, Lc., M.Ag. Dengan program pendidikan utama yaitu melahirkan santri penghafal Al Qur’an yang berpengetahuan luas dan berakhlaq karimah. Sistem yang digunakan adalah system pembagian kelas/takhasus berjenjang. Mulai dari Syu’bah Tahsin, Syu’bah Tahfidz, Syu’bah Tafsir dan Syu’bah Hadits. Dengan pengenalan ilmu dasar dimasing-masing takhasus. Kurikulum sekolah mengikuti standar dari kementerian agama yakni kurikulum kesetaraan [PKPPS] Program Kesetaraan Pondok Pesantren Salafiyah.

2. Pondok Pesantren La Tansa yang berlokasi di Parakansantri, Lebakgedong, Lebak - Banten 42372

Pesantren La Tansa Banten ini merupakan salah satu pesantren besar di wilayah Serang. Ponpes La Tansa sudah cukup matang karena sudah berdiri sejak 1991 diatas lahan seluas kurang lebih 15 hektar. Didirikan oleh KH. Drs. Ahmad Rifai Arif dan sekarang dipimpin oleh KH. Adrian Mafatihullah Karim, MA dan adiknya KH. Sholeh, S.Ag., MM. Model pesantren La Tansa ini adalah pesantren modern dimana pendidikan agama dan umum sudah menjadi kesatuan kurikulum. Keunggulan pesantren ini adalah dari segi bahasa dan letak geografis. Berada disebuah lembah yang diapit oleh bukit dan pegunungan serta dikelilingi aliran sungai Ciberang membuat siapapun betah berada di La Tansa dan tidak akan lupa seperti Namanya : La Tansa ‘Jangan Lupa’.

3. Pesantren Modern An-Nuqthah

pesantren ini letaknya gabung dengan pemukiman padat warga, tepatnya di Jl. Rasuna Said Jl. H. Ismail, RT.001/RW.005, Cipete, Kec. Pinang, Kota Tangerang, Banten 15142

Pesantren An-Nuqthah berarti sebuah titik. Dimana bisa diartikan sebagai sebuah langkah atau penanda satu perubahan besar. Didirikan oleh KH. Zuhri Fauzi, S.Ag. Beliau menjelaskan tentang nama An-Nuqthah, bahwa untuk memulai sesuatu berawal dari titik dan sesuatu tersebut akan berakhir disatu titik. Gaya pesantrennya modern, dengan pakaian serba rapi dan resmi. Cocok diwilayah perkotaan. Sehingga jumlah santrinya kian pesat sejak dibuka pada tahun 2009. Basis pendidikan di pesantren ini adalah sekolah islam terpadu dengan jenjang SMP dan SMK Kejuruan. Dengan jurusan yang paling diminati adalah akuntansi dan multimedia.

Gedung yang menjulang tinggi dengan fasilitas mumpuni menjadikan Pesantren ini dijuluki dengan bayi Ajaib oleh Ustadz Ambiya Dahlan dan kalangan Kyai-kyai alumni Daar el-Qolam.

Kesimpulan : 

Untuk kualitas Tahfidz dan penerapannya kami condong ke Pesantren Ibnu Syam Syu’bah Tahfidz. Dan kami sangat setuju dengan statement KH. Slamet. Bahwa sebuah Pesantren harus focus ke tujuan pendiriannya. Al Gibran selama 8 tahun terakhir ini konsisten dengan pembelajaran Al Qur’an. Maka, sudah seharusnya berkiblat dengan Ibnu Syam dalam hal Al Qur’an.

Lingkungan yang mendukung sangat dibutuhkan untuk menciptakan bi’ah yang sesuai dengan para santri. Dan La Tansa adalah jawaban dari bagaimana membuat system yang bagus dan lingkungan yang mendukung. Urusan tata letak dan bangunan An-Nuqthah adalah gambaran sempurna. Dan sebagaimana yang sering disampaikan pimpinan Yayasan ‘bahwa tidak ada yang kebetulan’. Study Banding ke -3 Pesantren ini sudah tertulis di lauhil mahfudz. 

 

Melangkah dengan Al Qur’an sebagaimana [Ibnu Syam], mulailah segera meskipun baru satu titik [An-Nuqthah] sampai kita berhenti di titik [An-Nuqthah] terakhir dan bangunlah Pesantren yang tidak akan pernah dilupakan [La Tansa].

Share:
0
Total Santri
0
Guru Pengajar
0
Cabang
0
Program Belajar
Like us!
Follow us!
Watch us!